Makalah Bahan Baku Kapas

 On Rabu, 22 Januari 2014  


 I. PENDAHULUAN

Polimer adalah zat yang terbuat dari molekul raksasa yang dibentuk dengan menyatukan molekul sederhana atau monomer oleh ikatan kovalen. Kata polymer berasal dari bahasa Yunani yang berarti banyak bagian. Polimer memiliki berat molekul yang tinggi, yang memberikan mereka karakteristik fisik berguna seperti viskositas tinggi, elastisitas, dan kekuatan. Polimer yang ditemukan di mana-mana. Juga bagian dari manusia itu sendiri: protein dan asamnukleat merupakan polimer. Serat alami seperti wol dan katun adalah polimer. Dan tentu sintetis, seperti plastik, nilon, dan buatan manusia karet, adalahpolymers. Kapas (Gossypium hersutum) merupakan salah satu komoditiperkebunan penghasil serat alam untuk bahan baku industri tekstil dan produktekstil (TPT). Ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Berdasarkan bukti outentik kapas pertama kali digunakan di Mesir, Mexico, dan India. Kebutuhan bahanbaku industri TPT terus meningkat dari tahun ke tahun sejalan denganperkembangan jumlah penduduk, dan saat ini kebutuhan tersebut telah mencapaisekitar 500 ribu ton serat kapas yang setara dengan 1,5 juta ton kapas berbijipertahun. Tanaman kapas secara botanis disebut dengan Gossypium sp yangmemiliki sekitar 39 spesies dan 4 spesies diantaranya yang dibudidayakan yaitu :Gossypium herbacium L, Gossypium arberium L, Gossypium hersutum L danGossypium barbadense. Selain industri tekstil, kapas digunakan jaring ikan penyaring kopi,tenda dan penjilidan buku. Makalah Cina pertama terbuat dari serat kapas, sepertidolar tagihan dan alat tulis federal yang modern di AS. Selang kebakaran pernahdibuat dari katun. Denim, jenis kain tahan lama, sebagian besar terbuat darikapas, seperti T-shirt.

 II. MAKSUD DAN TUJUAN

Mengetahui sejarah industry kapas
Mengetahui bahan dasar pembuatan kapas
Mengetahui proses pengolahan kapas
Mengetahui manfaat/kegunaan kapas


III. TEORI PENDEKATAN

Bahan Dasar

Kapas adalah serat lembut yang tumbuh di sekitar biji tanaman kapas. Merupakan serat yang paling sering dipintal menjadi benang dan digunakan untuk membuat tekstil. Kapas adalah tanaman yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat baku hilang dalam pemrosesan. Setelah lilin, protein, dll dihapus, sisanya adalah polimer alami berupa selulosa murni. Selulosa ini diatur dengan cara yang menghasilkan sifat kapas dengan kekuatan unik dan daya serap tinggi. Setiap serat terdiri dari dua puluh-tiga puluh lapisan melingkar selulosa. Komposisi kimia dari serat kapas terdiri dari selulosa 95%, satu 1,3%protein, 1,2% abu, 1,6% lilin, 3% gula, dan asam organik, dan senyawa kimia lainnya yang membentuk 3,1%. Serat kapas non-selulosa biasanya terletak dalam serat kutikula. Serat kapas non-selulosa terdiri dari protein, abu, lilin, gula dan asam organik. Lilin kapas ditemukan pada permukaan luar serat. Lilin lebih banyak ditemukan pada kapas jika luas permukaan kapas semakin besar, kapas halus umumnya memiliki kandungan lilin lebih banyak. Lilin kapas terdiri atas rantai panjang asam lemak dan alkohol. Lilin kapas berfungsi sebagai pelindung untuk serat kapas. Gula yang terdiri dari 3% serat kapas, gula berasal dari gula alami tanaman dan gula dari serangga. Gula tanaman terjadi dari proses pertumbuhan tanaman kapas. Gula tanaman terdiri dari monosakarida, glukosa dan fruktosa. Gula serangga terutama untuk whiteflies,gula serangga dapat menyebabkan kekakuan, yang dapat menyebabkan masalahdi pabrik tekstil. Asam organik yang ditemukan dalam serat kapas sebagai residumetabolic, yang terdiri dari asam malat dan asam sitrat. Serat kapas non-selulosa dipisahkan menggunakan pelarut selektif.Beberapa pelarut meliputi: heksana, kloroform, larutan natrium hidroksida, polar pelarut, etanol panas, dan air putih. Setelah menghapus semua bahan kimia non selulosa, serat kapas selulosa adalah sekitar sembilanpuluh sembilan persen.

Proses pengolahan kapas
1. Harvesting
Panen merupakan salah satu langkah akhir dalam produksi tanaman kapas, dan merupakan awal dari produksi kapas itu sendiri. Tanaman harus dipanen sebelum cuaca dapat merusak atau benar-benar merusak kualitas dan mengurangi hasil. Harvesting stripper adalah mesin panen di AS, dimulai pada bulan Juli di selatan Texas dan pada bulan Oktober di daerah utara. Harvesting stripper, digunakan terutama di Texas dan Oklahoma, memiliki penggulung atau sikat mekanis yang menghapus seluruh buah kapas dari pohonnya. Sisanya, pemetik spindle digunakan. Pemetik kapas ini menarik kapas dari pohon menggunakan spindle berduri yang berputar dimana serat kapas masuk dan melepaskannya setelah itu telah dipisahkan dari buah kapas. Setelah dipanen, biji kapas harus dihilangkan dari hasil panenan dan disimpan sebelum dikirimkan ke pabrik pengolahan kapas. Kapas hasil panen ditempatkan di suatu tempat kotak yang relatif kompak dari biji kapas. Sebuah modul kapas, berbentuk seperti sepotong roti raksasa, bisa mempunyai berat hingga 25.000 pound.

2. Feeder/pengisi
Feeder berfungsi untuk memasukkan hasil panenan kapas ke dalam dryer.

3. Dryer
Pada tahap pertama pengeringan, udara panas disalurkan ke gulungan kapas melalui rak-rak selama 10-15 detik. Suhu udara diatur untuk mengontrol jumlah pengeringan. Untuk mencegah kerusakan serat, suhu yang kapasterekspos selama operasi normal tidak boleh melebihi 350 F. Suhu di atas 300F dapat menyebabkan perubahan fisik permanen dalam serat kapas. Sensor suhu dryer harus ditempatkan sedekat mungkin ke titik di mana kapas dan campuran udara dipanaskan bersama-sama. Jika sensor suhu yang terletak didekat pintu keluar dari pengering menara, suhu mixpoint benar-benar bisa100-200 F lebih tinggi dari suhu pada sensor hilir. Suhu drop hasil hilir dari efek pendinginan dari penguapan dan dari kehilangan panas melalui dinding mesin dan pipa.

4. Cylinder cleaner
Pengeringan berlanjut dengan mengaliri kapas menggunakan udara hangat. Biji kapas ke Cylinder cleaner, yang terdiri dari enam atau tujuh silinder berduri bergulir yang berputar pada 400-500 rpm. Silinder ini menggosok kapas melalui serangkaian batang grid atau layar, agitasi kapas,dan memungkinkan bahan-bahan asing baik daun, sampah, dan kotoran,melewati bukaan untuk pembuangan. Cylinder cleaner memecah gumpalan besar dan umumnya kondisi katun untuk pembersihan tambahan dan pengeringan. Tingkat pengolahan sekitar dua bal per jam per kaki panjang silinder yang umum.

5. Stick machine
Stick machine menghilangkan benda asing yang lebih besar, seperti burs dan batang dari kapas. Stick machine menggunakan gaya sentrifugal yang diciptakan oleh silinder yang berputar pada 300-400 rpm untuk “slingoff” / memisahkan bahan asing, sementara serat terpusat di gergaji. Benda-benda asing yang terpisah dibawa kembali feed ke dalam sistem penanganan sampah. Pengolahan tingkat 1,5-2,0 bal / hr / ft panjang silinder yang umum.

6. Gin stand / ginning process
Ginning berfungsi untuk memisahkan biji dari serat kapas. Pabrik gin modern biasanya memiliki beberapa gin. Cotton gin memasuki berdiri melalui. Depan huller. Para gergaji memegang kapas dan menarik melalui tulang rusuk di banyak spasi dikenal sebagai tulang rusuk huller. Kunci dari kapas yang diambil dari tulang rusuk huller ke bagian bawah kotak roll. Proses ginning yang sebenarnya – pemisahan serat dan biji – berlangsung di kotak gulungan berdiri gin. Tindakan ginning disebabkan oleh satu set gergaji berputar antara tulang rusuk ginning. Melihat gigi melewati antara tulang rusuk pada titik ginning. Di sini terdepan dari gigi dan hampir sejajar dengan tulang rusuk, dangigi tarik serat dari biji, yang terlalu besar untuk melewati antara tulang rusuk. Ginning pada tingkat atas yang direkomendasikan oleh pabrikan dapat menyebabkan penurunan kualitas serat, kerusakan biji, dan chokeups. Kecepatan berdiri Gin gergaji juga penting. Kecepatan tinggi cenderung meningkatkan kerusakan serat dilakukan selama ginning.

7. Lint cleaner
Hal ini sangat penting bagi kapas mengalir seragam dan tersebar dengan baik, terutama saat meninggalkan berdiri gin. Cotton disampaikan dari berdiri gin melalui saluran serat untuk kondensor dan dibentuk lagi menjadi sebuah Batt. Batt ini dihapus dari drum kondensor dan dimasukkan ke dalam kain bersih gergaji-jenis. Batt harus ketebalan seragam dan secara merata tersebar di seluruh lebar pembersih serat, jika tidak, membersihkan miskin dan kehilangan serat yang berlebihan akan menghasilkan. Di dalam lint cleaner, kapas melewati rol bulat, yang menerapkan serat ke serat cleaner melihat. Gergaji membawa kapas pada bar grid, yang dibantu oleh gaya sentrifugal dan menghapus benih matang dan benda asing. Adalah penting bahwa jarak antara ujung gergaji dan bar jaringan dapat ditetapkan dengan benar. Bar jaringan harus lurus dengan tepi terkemukatajam untuk menghindari mengurangi efisiensi pembersihan dan meningkatkan hilangnya serat. Meningkatkan laju umpan pembersih serat diatas tingkat produsen dianjurkan akan menurunkan efisiensi pembersihan dan meningkatkan hilangnya serat yang baik. Pembersih Lint dapat meningkatkan kelas kapas dengan menghapus benda asing. Dalam beberapa kasus,pembersih serat dapat meningkatkan warna katun ringan terlihat oleh pencampuran untuk menghasilkan kelas putih. Mereka juga dapat meningkatkan kelas warna katun melihat untuk cahaya tutul atau kelas warna putih mungkin. Semua ginners harus kompromi antara tingkat pembersihan dan kerusakan serat. Panjang serat dapat rusak oleh pembersihan serat berlebihan, terutama ketika kapas terlalu kering. Ginners harus menentukan jumlah pembersih serat yang memberikan nilai maksimum bale berdasarkan kompromi antara kelas meningkat, panjang pokok berkurang, dan jumlah suara berkurang.

8. Extractor feeder
Fungsi utama dari extractor feeder adalah untuk memasukkan bijikapas ke gin stand seragam dan pada tingkat terkendali, dengan penggalian dan pembersihan sebagai fungsi sekunder. Tingkat umpan dari biji kapas dikendalikan oleh kecepatan dari dua bintang-berbentuk rol pakan yang terletak di bagian atas feeder langsung di bawah distributor hopper. Rol pakan ini yang didukung oleh variabel-kecepatan motor hidrolik atau listrik dan dikendalikan secara manual atau secara otomatis oleh sistem saling berbagai dalam berdiri gin. Drive dapat dirancang untuk secara otomatis mulai dan berhenti sebagai payudara gin bergerak atau terlepas, sistem juga dapat dirancang untuk menghentikan makan biji kapas dalam kasus overloads berdiri gin atau underloads. Banyak dari sistem yang dirancang untuk menjaga konstan benih-roll kepadatan. Hal ini biasanya dicapai dengan mengatur kecepatan gulungan pakan dalam menanggapi sinyal kontrol umpan balik dariberdiri gin. Sinyal didasarkan pada pemantauan konsumsi daya dari motor listrik mengemudi berdiri gin, mengukur perpindahan dewan teluk dalam kotak benih-roll, atau pemantauan tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong agitator benih-roll hidrolik.

9. Ball press
Kapas dibersihkan dikompresi menjadi bal, yang kemudian harus ditutupi untuk melindungi mereka dari kontaminasi selama transportasi dan penyimpanan. Tiga jenis bal yang dihasilkan: modified flat, compressuniversal density, dan gin universal density. Bal yang dikemas dengan kepadatan 14 dan 28 Ib/ft3 masing-masing untuk bal dimodifikasi kepadatan datar dan universal. Dalam kapas gin kebanyakan dikemas dalam pers”double-box” dimana serat pada awalnya dipadatkan dalam satu kotak persoleh tramper mekanik atau hidrolik, maka kotak pers diputar, dan serat yang lebih dikompresi menjadi sekitar 20 atau £ 40 / ft3 oleh dimodifikasi flat atau menekan gin kepadatan universal, masing-masing. Bal datar dimodifikasi recompressed menjadi kompres bal kepadatan universal dalam operasi selanjutnya untuk mencapai tarif angkut yang optimal.

Kegunaan Kapas Dalam Kehidupan
Sepanjang sejarah manusia kapas telah digunakan dalam berbagaikeperluan. Baju yang kita pakai sehari-hari merupakan salah satu terobosan baru yang menggunakan kapas sebagai bahan baku pembuatan kain. Disini diterangkan beberapa manfaat kapas. Kapas adalah serat lembut yang tumbuh untuk memberikan perlindungan bagi bibit tanaman kapas. Hal ini asli daerah tropis dan subtropics bumi. Itu digunakan paling awal tanggal kembali ke setidaknya 5800 SM. Hariini, itu ditanam secara komersial di seluruh sebagian besar dunia. Para produsen utama adalah Cina, India, Amerika Serikat, Pakistan dan Brasil. Cotton rentan terhadap berbagai hama dan penyakit, yang berarti bahwa petani kapas harus menggunakan bahan kimia berat seperti pestisida. Baru-baru ini, para ilmuwan telah dimodifikasi secara genetik tanaman kapas untuk mengurangi ketergantungan pada bahan kimia.
Kapas memiliki berbagai kegunaan, terutama di industri tekstil. Berikut ini adalah beberapa penggunaan yang paling umum dari produk ini.
1. Kapas dipintal menjadi benang yang digunakan dalam produk pakaian banyak seperti pakaian, kaus kaki, dan T-shirt. Seprai biasanya terbuat dari katun karena merasa lembut. Benang kapas juga digunakan untuk merajut dan merenda.
2. Kapas yang digunakan untuk membuat bahan penyerap dikenal sebagai terrycloth. Ini digunakan untuk membuat handuk, dan jubah. Kapas juga digunakan untuk membuat denim untuk jeans dan banyak bahan pakaian lainnya. Kadang-kadang dicampur dengan bahan lain untuk meningkatkan kualitasnya.
3. Kapas juga digunakan untuk membuat jaring ikan, tenda dan kertas kapas. Kertas kapas digunakan untuk membuat uang kertas dan kertas berkualitas seni tinggi.
4. Kapas juga digunakan dalam kopi, mesiu filter dan penjilidan buku.
5. Benih tanaman kapas juga memiliki beberapa kegunaan penting. Pertama, dapat digunakan untuk memproduksi minyak biji kapas, yang merupakan minyak nabati yang populer untuk memasak. Sisa-sisa dapat digunakan sebagai pakan ternak dan hewan lainnya.
6. Setelah kapas akan dihapus dari biji ada beberapa serat halus meninggalkan melekat pada biji. Ini disebut Linter dan ketika diproses dikenal sebagai kapas penyerap atau kapas. Produk ini digunakan untuk tujuan medis dan kosmetik banyak.

Makalah Bahan Baku Kapas 4.5 5 Unknown Rabu, 22 Januari 2014  I. PENDAHULUAN Polimer adalah zat yang terbuat dari molekul raksasa yang dibentuk dengan menyatukan molekul sederhana atau monomer ole...


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans @ outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.